Thursday, July 14, 2011

Wooow... 14 Pengusaha Indonesia Masuk orang terkaya dunia

Tahun ini, Majalah Forbes memasukan 14 pengusaha Indonesia dalam daftar orang terkaya dunia. Padahal tahun 2010 hanya 7 pengusaha.

Ketujuh pendatang baru itu adalah Sri Prakash Lohia, Kiki Barki, Edwin Soeryadjaya, Garibaldi Tohir, Theodore Rachmat, Murdaya Phoo dan Benny Subianto. Mereka menemai 7 pengusaha yang tahun lalu sudah masuk daftar yaitu R Budi Hartono, Michael Hartono, Martua Sitorus, Peter Sondakh, Sukanto Tanoto dan Chairul Tanjung.

Pendatang baru pertama adalah Sri Pakasih Lohia yang masuk urutan 564 dengan kekayaan US$2,1 miliar. Mesikipun tinggal di London, Sri saat ini sudah menjadi WNI. Keturunan India ini juga terkaya di Indonesia nomer 6 merupakan pengusaha tekstil, produsen polyester terbesar melalui Indorama Synthetics. Keluarganya juga menguasai bisnis tekstil di Thailand dan New Delhi.

Kiki Barki berada di urutan ke 595 terkaya dunia dan nomer 7 terkaya di Indonesia senilai US$2 miliar. Pengusaha batubara ini memulai debutnya berkat IPO Harum Energy pada Oktober lalu. Kiki juga memiliki saham di perusahaan batubara Australia, Coctakoo Coal.

Berikutnya adalah Edwin Soeryadjaya diurutan 782 dengan kekayaan mencapai US$1,6 miliar merupakan putra pendiri Astra William Soeryadjaya. Kendaraan bisnisnya adalah Saratoga Investama Sedaya sejak 1998. Melalui Saratora Capital masuk dalam 5 pendiri Adaro Energy dan memiliki saham di Tower Bersama Insfrastructure.

Garibaldi Thohir diurutan 833 dengan kekayaan US$1,5 miliar didukung produsen batubara yang termasuk pendiri Adaro Energy hingga 30% kepemilikan. Pengusaha yang masih berumur 45 tahun ini memulai bisnis batubara sejak 1992 dan mendirikan PT Wom Finance.

Theodore Rachmat berada di urutan 938 dengan kekayaan US$1,3 miliar mengumpulkan kekayaan dari bisnis barubara. Walaupun dia merupakan eksekutif di PT Astra International yang didirikan pamannya, William Soeryadjaya. Grup Astra saat ini juga masuk ke pertambangan diantaranya melalui United Tractors (UNTR).

Moerdaya Poo yang berada di urutan 1057 dengan kekayaan U$1,1 miliar mengandalkan bisnsi IT, real estate, kayu, perkebunan, barang konsumsi dan engineering. Dia juga mendirikan Metropolitan Development Tbk (EMDE). Poo juga penyedia jasa WiMax di 24 kota.

Sedangkan Benny Subianto di urutan 1140 memiliki kekayaan US$1 miliar termasuk dari 5 pendiri Adaro Energy. Dia pernah menjadi Wadirut PT Astra International (ASII) dan Dirut United Tractors (UNTR). Benny juga menjalankan bisnis kelapa sawit di bawah Astra.


sumber : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1310552/wajah-baru-di-daftar-orang-terkaya-dunia-2011

0 comments:

Post a Comment